Halaman

Kamis, 23 Mei 2013

UJIAN MID SEMESTER JUDUL : RKH MODEL SENTRA RENCANA PEMBELAJARAN





DOSEN PENGAMPU : Hj. SUDARTI, M.Pd




DI SUSUN OLEH :
NAMA : DESY JULIAWATI
NIM : 101610228

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK
TAHUN 2013


RENCANA PEMBELAJARAN
Tema
Binatang
Sentra
Kognitif dan Bahasa
Judul Kegiatan
Mengenalkan binatang peliharaan (Ayam)                           
Tanggal
4 April 2013
Jumlah siswa
5 Orang
Durasi
20 Menit
Usia Siswa
2,5 Tahun (TPA)
Pra Pengalaman
Sebelum melakukan kegiatan guru atau pendidik sudah mempersiapkan segala kegiatan yang akan di laksanakan kan dalam proses pembelajaran.
Tujuan Pembelajaran
1. Untuk melatih keterampilan berpikir pada anak.
2. Untuk melatih kemandirian anak.
3. Melatih anak agar dapat mengembangkan kreativitas sesuai dengan imajinasi nya.
4. Untuk melatih anak agar dapat bersosialisasi dengan teman.
5. Untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi pada anak.
Tujuan pembelajaran
Mengembangkan 5 aspek perkembangan anak :
1. Aspek moral dan nilai agama
Anak mulai meniru gerakan berdoa/sembahyang sesuai dengan agamanya dan mulai meniru doa pendek sesuai dengan agamanya.
2. Aspek fisik (Motorik kasar dan motorik halus)
Melompat ke depan dan ke belakang dengan dua kaki dan melipat kertas meskipun belum rapi/lurus.
3. Aspek kognitif
Menyebut bagian-bagian suatu gambar seperti gambar wajah orang, mobil, binatang dan mengenal tiga macam bentuk (○ ∆ □)
4. Aspek Bahasa
Agar anak memahami perintah sederhana seperti : letakkan mainan di atas meja, ambil mainan dari dalam kotak dan menggunakan kata Tanya dengan tepat (apa, siapa, bagaimana, mengapa, dimana)
5. Aspek Sosial Emosional
Anak mulai bisa mengungkapkan ketika ingin buang air kecil dan buang air besar dan mulai menunjukkan sikap berbagi, membantu dan bekerja sama.
Materi yang diperlukan
1. Silabus
2. Permen 58
3. RKH
4. Ruang sentra
5. RKH sentra
6. Media pembelajaran
Konsep pengetahuan/materi kurikulum
1. Doa sebelum belajar
2. Doa sesudah belajar

3. Menyebut bagian-bagian suatu gambar seperti gambar binatang.
4. Mengenal tiga macam bentuk (○ ∆ □)
Pijakan lingkungan main
1. Mengatur dan menyiapkan ruang sentra sebelum anak memasuki area sentra.
2. Menata tempat main untuk anak.
3. Memilih bahan untuk pembelajaran yang baik dan sesuai dengan tingkat perkembangan serta kemampuan peserta didik.
4. menyediakan kegiatan untuk melatih perkembangan kognitif anak.
Kegiatan pembukaan
1. Guru mengajak anak untuk berbaris
2. Guru mengajak anak melakukan gerakan dan lagu “Lingkaran besar dan kecil”
3. Guru memberikan salam dan mengajak anak berdoa
4. Guru menyiapkan semua materi untuk pembelajaran hari ini di sentra kognitif dan bahasa
5. Memberikan kebebasan pada anak untuk memilih sentra.
Pijakan selama main
1.         Pendidik berkeliling diantara anak-anak yang sedang bermain.
2.         Memberi contoh cara main pada anak yang belum bisa menggunakan bahan/alat.
3.         Memberi dukungan berupa pernyataan positif tentang pekerjaan yang dilakukan anak.
4.         Memancing dengan pertanyaan terbuka untuk memperluas cara main anak.
5.         Memberikan bantuan pada anak yang membutuhkan.
6.         Mendorong anak untuk mencoba dengan cara lain, sehingga anak memiliki pengalaman main yang kaya.
7.         Mencatat yang dilakukan anak.
8.         Mengumpulkan hasil kerja anak.
Bila waktu tinggal 5 menit, guru memberitahukan kepada anak-anak untuk bersiap-siap menyelesaikan kegiatan
Pijakan setelah main
1.      Bila waktu main habis, pendidik memberitahukan saatnya membereskan.
2.      Bila anak belum terbiasa untuk membereskan, pendidik bisa membuat permainan yang menarik agar anak ikut membereskan.
3.      Saat membereskan, pendidik menyiapkan tempat yang beerbeda untuk setiap jenis alat, sehingga anak dapat mengelompokkan alat main sesuai dengan tempatnya.
4.      Bila bahan main sudah dirapikan dan anak sudah rapi, mereka diminta duduk melingkar bersama pendidik.
Setelah semua anak duduk dalam lingkaran, pendidik menanyakan pada setiap anak kegiatan main yang tadi dilakukannya. Kegiatan menanyakan kembali melatih daya ingat anak dan melatih anak mengemukakan gagasan dan pengalaman mainnya.





ASPEK PENGEMBANGAN YANG DINILAI
1
Nilai-nilaiAgama dan Moral
1. Mulai meniru gerakan berdoa/sembahyang sesuai dengan agamanya.
2. Mulai meniru doa pendek sesuai dengan agamanya.
3. Mulai memahami kapan mengucapkan salam, terima kasih, maaf, dsb.

2
Motorik
1. Melompat ke depan dan ke belakang dengan dua kaki.
2. Melempar dan menangkap bola.

3. Melipat kertas meskipun belum rapi/lurus.

3
Kognitif
1. Menyebut bagian-bagian suatu gambar seperti gambar wajah orang, mobil, binatang, dsb.
2. Mengenal tiga macam bentuk (○ ∆ □)
3. Mulai mengenal pola
4
Bahasa
1.  Hafalan beberapa lagu anak sederhana.
2. Memahami perintah sederhana seperti letakkan mainan di atas meja, ambil mainan dari dalam kotak.
3. menggunakan kata tanya dengan tepat (apa, siapa, bagaimana, mengapa, dimana)
5
Sosial Emosional
1. Mulai mengungkapkan ketika ingin buang air kecil dan buang air besar.
2. Mulai memahami hak orang lain (harus antri, menunggu giliran)
3. Mulai menunjukkan sikap berbagi, membantu, bekerja sama.
4. Menyatakan perasaan terhadap anak lain (suka dengan teman karena baik hati, tidak suka karena nakal, dsb.)
5. Berbagi peran dalam suatu permainan (menjadi dokter, perawat, pasien, penjaga toko atau pembeli)




















HASIL PENILAIAN

NO
ASPEK PENGEMBANGAN
NAMA
P E N I L A I A N
BISA
BISA DGN BANTUAN
BELUM BISA
1
Nilai-nilai Agama dan Moral







2
Motorik







3
Kognitif







4
Bahasa







5
Sosial Emosional









                                                Pontianak, 4 april 2013






                                                            (………………………………………

1 komentar:

  1. Gambling Sites That Are Legit, Legit & Safe - DrMCD
    Here is 천안 출장마사지 a list of the best gambling sites that 전라남도 출장마사지 are 양산 출장샵 legitimate and 양산 출장마사지 secure to use. 군포 출장샵 the game and some bonus games.

    BalasHapus