DOSEN PENGAMPU : Hj. SUDARTI, M.Pd
DI SUSUN OLEH :
NAMA : DESY JULIAWATI
NIM : 101610228
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONTIANAK
TAHUN 2013
RENCANA PEMBELAJARAN
Tema
|
Binatang
|
Sentra
|
Kognitif dan Bahasa
|
Judul Kegiatan
|
Mengenalkan
binatang peliharaan (Ayam)
|
Tanggal
|
4 April 2013
|
Jumlah siswa
|
5 Orang
|
Durasi
|
20 Menit
|
Usia Siswa
|
2,5 Tahun (TPA)
|
Pra Pengalaman
|
Sebelum
melakukan kegiatan guru atau pendidik sudah mempersiapkan segala kegiatan
yang akan di laksanakan kan dalam proses pembelajaran.
|
Tujuan Pembelajaran
|
1.
Untuk melatih keterampilan berpikir pada anak.
2.
Untuk melatih kemandirian anak.
3.
Melatih anak agar dapat mengembangkan kreativitas sesuai dengan imajinasi
nya.
4.
Untuk melatih anak agar dapat bersosialisasi dengan teman.
5.
Untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi pada anak.
|
Tujuan pembelajaran
|
Mengembangkan
5 aspek perkembangan anak :
1.
Aspek moral dan nilai agama
Anak
mulai meniru gerakan berdoa/sembahyang sesuai dengan agamanya dan mulai
meniru doa pendek sesuai dengan agamanya.
2.
Aspek fisik (Motorik kasar dan motorik halus)
Melompat
ke depan dan ke belakang dengan dua kaki dan melipat kertas meskipun belum
rapi/lurus.
3.
Aspek kognitif
Menyebut
bagian-bagian suatu gambar seperti gambar wajah orang, mobil, binatang dan
mengenal tiga macam bentuk (○ ∆ □)
4.
Aspek Bahasa
Agar
anak memahami perintah sederhana seperti : letakkan mainan di atas meja,
ambil mainan dari dalam kotak dan menggunakan kata Tanya dengan tepat (apa,
siapa, bagaimana, mengapa, dimana)
5.
Aspek Sosial Emosional
Anak
mulai bisa mengungkapkan ketika ingin buang air kecil dan buang air besar dan
mulai menunjukkan sikap berbagi, membantu dan bekerja sama.
|
Materi yang diperlukan
|
1.
Silabus
2.
Permen 58
3.
RKH
4.
Ruang sentra
5.
RKH sentra
6.
Media pembelajaran
|
Konsep
pengetahuan/materi kurikulum
|
1.
Doa sebelum belajar
2.
Doa sesudah belajar
4.
Mengenal tiga macam bentuk (○ ∆ □)
|
Pijakan lingkungan main
|
1.
Mengatur dan menyiapkan ruang sentra sebelum anak memasuki area sentra.
2.
Menata tempat main untuk anak.
3.
Memilih bahan untuk pembelajaran yang baik dan sesuai dengan tingkat
perkembangan serta kemampuan peserta didik.
4. menyediakan kegiatan untuk melatih perkembangan kognitif
anak.
|
Kegiatan pembukaan
|
1.
Guru mengajak anak untuk berbaris
2.
Guru mengajak anak melakukan gerakan dan lagu “Lingkaran
besar dan kecil”
3.
Guru memberikan salam dan mengajak anak berdoa
4.
Guru menyiapkan semua materi untuk pembelajaran
hari ini di sentra kognitif dan bahasa
5. Memberikan kebebasan pada anak untuk memilih sentra.
|
Pijakan selama main
|
1.
Pendidik
berkeliling diantara anak-anak yang sedang bermain.
2.
Memberi
contoh cara main pada anak yang belum bisa menggunakan bahan/alat.
3.
Memberi
dukungan berupa pernyataan positif tentang pekerjaan yang dilakukan anak.
4.
Memancing
dengan pertanyaan terbuka untuk memperluas cara main anak.
5.
Memberikan
bantuan pada anak yang membutuhkan.
6.
Mendorong
anak untuk mencoba dengan cara lain, sehingga anak memiliki pengalaman main
yang kaya.
7.
Mencatat
yang dilakukan anak.
8.
Mengumpulkan
hasil kerja anak.
Bila
waktu tinggal 5 menit, guru memberitahukan kepada anak-anak untuk
bersiap-siap menyelesaikan kegiatan
|
Pijakan setelah main
|
1.
Bila
waktu main habis, pendidik memberitahukan saatnya membereskan.
2.
Bila
anak belum terbiasa untuk membereskan, pendidik bisa membuat permainan yang
menarik agar anak ikut membereskan.
3.
Saat
membereskan, pendidik menyiapkan tempat yang beerbeda untuk setiap jenis
alat, sehingga anak dapat mengelompokkan alat main sesuai dengan tempatnya.
4.
Bila
bahan main sudah dirapikan dan anak sudah rapi, mereka diminta duduk
melingkar bersama pendidik.
Setelah
semua anak duduk dalam lingkaran, pendidik menanyakan pada setiap anak
kegiatan main yang tadi dilakukannya. Kegiatan menanyakan kembali melatih
daya ingat anak dan melatih anak mengemukakan gagasan dan pengalaman mainnya.
|
ASPEK PENGEMBANGAN YANG
DINILAI
1
|
Nilai-nilaiAgama dan
Moral
|
1.
Mulai meniru gerakan berdoa/sembahyang sesuai dengan agamanya.
2.
Mulai meniru doa pendek sesuai dengan agamanya.
3.
Mulai memahami kapan mengucapkan salam, terima kasih, maaf, dsb.
|
2
|
Motorik
|
1.
Melompat ke depan dan ke belakang dengan dua kaki.
2.
Melempar dan menangkap bola.
3.
Melipat kertas meskipun belum rapi/lurus.
|
3
|
Kognitif
|
1.
Menyebut bagian-bagian suatu gambar seperti gambar wajah orang, mobil,
binatang, dsb.
2.
Mengenal tiga macam bentuk (○ ∆ □)
3.
Mulai mengenal pola
|
4
|
Bahasa
|
1.
Hafalan beberapa lagu anak sederhana.
2.
Memahami perintah sederhana seperti letakkan mainan di atas meja, ambil
mainan dari dalam kotak.
3.
menggunakan kata tanya dengan tepat (apa, siapa, bagaimana, mengapa, dimana)
|
5
|
Sosial Emosional
|
1.
Mulai mengungkapkan ketika ingin buang air kecil dan buang air besar.
2.
Mulai memahami hak orang lain (harus antri, menunggu giliran)
3.
Mulai menunjukkan sikap berbagi, membantu, bekerja sama.
4.
Menyatakan perasaan terhadap anak lain (suka dengan teman karena baik hati,
tidak suka karena nakal, dsb.)
5.
Berbagi peran dalam suatu permainan (menjadi dokter, perawat, pasien, penjaga
toko atau pembeli)
|
HASIL PENILAIAN
NO
|
ASPEK PENGEMBANGAN
|
NAMA
|
P E N I L A I A N
|
||
BISA
|
BISA DGN BANTUAN
|
BELUM BISA
|
|||
1
|
Nilai-nilai Agama dan Moral
|
||||
2
|
Motorik
|
||||
3
|
Kognitif
|
||||
4
|
Bahasa
|
||||
5
|
Sosial Emosional
|
Pontianak,
4 april 2013
(………………………………………
Gambling Sites That Are Legit, Legit & Safe - DrMCD
BalasHapusHere is 천안 출장마사지 a list of the best gambling sites that 전라남도 출장마사지 are 양산 출장샵 legitimate and 양산 출장마사지 secure to use. 군포 출장샵 the game and some bonus games.